Entri Populer

Kamis, 20 Agustus 2015

Definisi Capture Video

CAPTURE VIDEO
Definisi Capture Video
Capturing/Digitized Video
Proses capture video (capturing) adalah proses memindahkan hasil rekaman yang disimpan dalam kaset MiniDV dari kamera ke dalam komputer untuk dijadikan sebuah file dengan format digital (avi). Istilah Digitized karena proses yang merubah analog (kaset video) menjadi file digital yang dikenal oleh komputer.
Untuk meng-capture video kita harus membutuhkan salah satu software pendukung antara lain Microsoft Movie Maker merupakan software bawaan yang ada di Windows. Software lain yang bisa digunakan adalah Pinacle, Ulead dan Adobe Premiere, tetapi untuk memakai software ini anda harus membelinya. Dalam pembelajaran ini akan dibahas capture video menggunakan Movie Maker agar anda tidak perlu membeli software pengolah video yang harganya cukup mahal.
Dalam men-capture video, perlu diperhatikan pula koneksi yang digunakan. Karena antara koneksi video analog dan video digital berbeda. Berikut koneksi yang digunakan oleh video analog dan video digital :
a. KONEKSI VIDEO ANALOG
Secara umum terdapat 3 koneksi yang biasa dipakai :

  • Composite (RCA)
    Koneksi analog yang paling sederhana menggunakan 1 buah kabel.
  • S-Video
    Memilki kualitas yang lebih baik dari RCA, biasa dipakai oleh perangkat video VHS
  • Component
    Koneksi ini yang terbaik, dipakai perangkat video Betacam (Beta-SP) karena kualitas gambar lebih bagus dan terlihat halus.
    Untuk melihat gambar dan jenis-jenis conector silahkan lihat
    b. Koneksi Video Digital
    Dalam format video digital dikenal 2 jenis koneksi, yaitu :
    1. IEEE 1394
      Koneksi ini umum disebut dengan koneksi FireWire (Apple Computer) atau i-Link (Sony Corporation). Koneksi ini merupakan standar koneksi yang memiliki kecepatan transfer sangat tinngi hingga 400 Mbps.
    2. Serial Digital Interface (SDI)
      Koneksi ini dipakai untuk konsumen High-End Profesional untuk mengolah digital video format HD (High Defenition) dan SD ( Standard definition), perangkat yang menggunakan koneksi jenis ini sangat mahal dan hanya dipakai pada industri film dan video yang besar.
  • Tidak ada komentar:

    Posting Komentar